Model dan tahapan dalam analisa proses bisnis
1.
Jenis-jenis
pemodelan dalam menganalisa proses bisnis yaitu:
Ø
UML
(Unified Modelling Language)
Ø
DFD
(Data Flow Diagram)
UML
(Unified Modelling Language)
Ø
UML
merupakan seperangkat diagram dan notasi standar untuk memodelkan sistem-sistem
berorientasi objek, dan menjelaskan semantik yang mendasarinya mengenai arti
dari diagram-diagram dan simbol-simbol ini
Ø
UML
dapat digunakan untuk memodelkan berbagai jenis sistem: sistem perangkat lunak,
sistem perangkat keras, dan organisasi-organisasi dunia nyata. UML menyediakan
sembilan jenis diagram
Ø
Salah
satu kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah
sistem berskala besar atau sistem pada tingkat Enterprise adalah memecahkan
sistem tersebut kedalam area-area yang memudahkan dalam
penanganannya
Ø
Apapun
nama dari area-area ini, domain, kategori, atau subsistem, idenya tetap sama:
memecahkan sistem tersebut kedalam area-area yang memiliki kesamaan subjektif
Jenis-jenis
UML :
Ø
Use
Case Diagram untuk memodelkan proses-proses bisnis
Ø
Sequence
Diagram untuk memodelkan pengiriman pesan antara objek
Ø
Collaboration
Diagram untuk memodelkan interaksi objek
Ø
State
Diagram untuk memodelkan perilaku objek dalam sistem
Ø
Activity
Diagram untuk memodelkan perilaku Use Case, objek, atau operasi
Ø
Class
Diagram untuk memodelkan struktur statis Class dalam sistem
Ø
Object
Diagram untuk memodelkan struktur statis Objek dalam sistem
Ø
Component
Diagram untuk memodelkan komponen
Ø
Deployment
Diagram untuk memodelkan distribusi sistem
DFD
(Data Flow Diagram)
Ø
Data
Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafis sebuah sistem aplikasi
berorientasi proses. Komponen-komponen sebuah DFD adalah: proses, aliran data,
data store, dan entitas
Komponen
DFD :
Ø
Proses
Ø
Aliran
Data
Ø
Penyimpanan
Data
Ø
Entitas
Proses
:
Ø
Proses
menggambarkan bagian dari sistem yang mentransformasikan input menjadi
output
Ø
Proses
ini direpresentasikan secara grafis sebagai sebuah lingkaran
Aliran
Data :
Ø
Aliran
data direpresentasikan secara grafis oleh sebuah anak panah kedalam atau keluar
dari sebuah proses
Penyimpanan
data :
Ø
Data
Store digunakan untuk memodelkan tempat penyimpanan sekumpulan paket
data
Entitas
:
Ø
Entitas
direpresentasikan secara grafis sebagai sebuah kotak
Ø
Entitas
merepresentasikan entitas luar yang berkomunikasi dengan sistem
2.
Hal-hal
yang perlu dilakukan dalam menganalisis proses bisnis :
Ø
Tahap
1 – Persiapan
Kegunaan
tahap ini adalah untuk memobilisasi dan mengorganisir SDM yang akan melakukan
Reengineering
o
Apa
yang menjadi tujuan dan harapan eksekutif? Apa komitmen level mereka pada
kegiatan ini?
o
Apa
yang menjadi tujuan dari kegiatan ini?
o
Siapa
yang seharusnya ada dalam tim? Kemampuan gabungan apa yang harus ada dalam
tim?
Ø
Tahap
2 – Identifikasi
Kegunaan
dari tahap ini adalah untuk mengembangkan dan memahami model proses dari
bisnis
o
Apa
yang menjadi bisnis proses utama organisasi?
o
Bagaimana
proses-proses tersebut berinteraksi dengan pelanggan dan pensuplai?
o
Apa
yang menjadi strategi kita? Apa nilai tambah proses kita?
o
Apa
yang seharusnya kita re-Engineer dalam waktu 90 hari, 1 tahun, atau 2
tahun?
Ø
Tahap
3 – Penyusunan Visi
Kegunaan
dari tahap ini adalah untuk membangun visi dan tujuan dari kinerja yang
dihasilkan
o
Bagaimana
sumber daya, informasi, dan alur kerja melalui proses-proses dalam
organisasi?
o
Mengapa
kita melaksanakan cara yang kita lakukan saat ini?
o
Apa
kunci kekuatan dan kelemahan dari proses yang akan di re-Engineer?
o
Bagaimana
perusahaan lainnya menangani kompleksitas prosesnya?
o
Apa
ukuran yang seharusnya kita gunakan untuk melakukan komparasi kinerja terbaik
kita di perusahaan?
Ø
Tahap
4A – Desain Teknis
Kegunaan
dari tahap ini adalah untuk menghasilkan sebuah rancangan proses yang mampu
mengakselerasikan pencapaian Visi dari perusahaan
o
Sumber
daya teknis dan teknologi apa yang kita perlukan pada tahap proses
re-Engineering?
o
Bagaimana
sumber daya dan teknologi tersebut dapat diupayakan?
o
Informasi
apa yang digunakan pada saat dilakukan re-Engineering?
o
Bagaimana
elemen teknis dan sosial berinteraksi?
Ø
Tahap
4B – Desain Sosial
Ø
Kegunaan
dari tahap ini adalah menspesifikasikan dimensi sosial dari proses yang
baru
o
Teknik
dan sumber daya manusia seperti apa yang perlu di re-Engineer? Aktivitas apa
yang menjadi tanggungjawab tim reengineering?
o
Apa
target dan ukuran yang harus dibuat?
o
Program
pelatihan apa yang diperlukan?
Ø
Tahap
5 – Transformasi
Kegunaan
dari tahap ini untuk mengimplementasikan desain proses yang dihasilkan di Tahap
4 (4A dan 4B)
o
Kapan
kita memonitor proses? Bagaimana kita mengetahui apakah kita dalam track/jalur
atau tidak?
o
Mekanisme
apa yang harus kita kembangkan untuk menyelesaikan permasalahan yang saat ini
belum terpikirkan?
o
Bagaimana
kita melanjutkan momentum dari perubahan yang terjadi?
o
Teknik
apa yang harus kita gunakan untuk menyempurnakan organisasi?
Tag :
Teknologi
0 Komentar untuk "Model dan tahapan dalam analisa proses bisnis"